Mau Belajar Fotografi ? Baca Ini Dulu !

Halo gw balik lagi. Yah biarpun lu orang dah bosen gw tetap bakalan hadir disini karena ini blog gue, wkwkwkwk. Oke sekarang gw mau membahas tentang pengalaman gw sebagai newbie atau pemula di bidang fotografi ini. Terkadang banyak orang mungkin yah, dan mungkin juga engga, tapi gw masuk kategori banyak orang yang bingung di dalam istilah-istilah atau dasar fotografi. Ini sih ga penting-penting amat yah tapi gw harap dengan artikel yang 1 ini kalian bisa mendapatkan pencerahan dalam bidan fotografi pemula maem gw gini lah.

Seperti Janji gw di artikel sebelumnya yang gw udah membahas sedikit tentang awal mula gw bermain di dunia fotografi, gw akan membahas kulit daripada fotografi yang perlu diketahui seperti halnya gw juga yang masi pemula dalam dunia ini. Oke kita mulai dari kamera dahulu yah.

Kamera

kamera ini fungsinya untuk menangkap obyek gambar yang kita mau. Sekarang ini banyak sekali jenis kamera yang ada di pasaran di mulai dari berbagai merk, dan juga bermacam-macam spesifikasinya. bagian-bagian kamera pun ada banyak sekali. Tetapi gw akan membahas yang penting aja yang menurut gw sebagai pemula. Seengganya mungkin bisa menjadi panduan nanti kalo kalian udah kena racun maha dasyat fotografi buat patokan. Berikut adalah poin-poin yang menurut gw penting di dalam bagian kamera

  1. Lensa
    Lensa merupakan bagian yang sangat penting. Biasanya kamera pada umumnya bisa mengganti-ganti lensa kalau memang si pemilik lensa ingin mendapatkan 1 kondisi dimana itu hanya bisa di ambil dengan lensa yang mendukung. Misalkan saja mengambil gambar yang bokeh. Untuk mendapatkan bokeh yang mudah harus dan kudu didukung oleh bukaan f yang besar. f atau yang disebut aperture adalah bukaan diafragma daripada lensa. Berikut Contoh gambar yang gw dapat dari website luar yaitu quora.

    bukaan diafragma kamera
    bukaan diafragma kamera

    Nah kita bisa lihat yang bukaan besar dengan nilai f/2. Untuk mendapatkan efek bokeh yang pake banget, biasanya bukaannya harus besar. dan kalau mau foto titik fokusnya lebih luas, maka bukaan diafragma harus lebih diperkecil. Tetapi perlu diingat yah, Bukaan kecil berarti semakin sedikit cahaya yang masuk menuju ke sensor atau film kamera. Oleh karena itu semakin kecil bukaan diafragmanya, maka mesti ada yang dinaikkan misalnya aja ISO dan juga Shutter Speed yang lebih lama. Ketiga itu yaitu shutterspeed, aperture, dan iso biasa dinamakan segitiga exposure. untuk pembahasan segitiga exposure lebih dalam jadi ga di artikel ini yah :). Pada umumnya sih untuk yang masih pemula awam-awam kayak gw gini yah mau foto yang bokeh-bokeh. nah buat patokannya untuk dapatin foto bokeh ala pemula kayak gw cuma ada 2 kunci yang perlu di ingat. yang pertama adalah bukaan yang besar atau yang disebut diafragma. yang kedua kalau memang hanya punya lensa kit, kalian mainkan di bagian background. Caranya kalian cari spot foto yang backgroundnya agak jauh. gw jamin foto lu bokeh dah.

  2. Body kamera
    bodi kamera itu kalau gw bilang dapur pacu daripada kamera. Semua jeroan-jeroan yang bisa menjadikan apa yang lu orang bidik menjadi gambar itu yah di proses di bodi kamera. maka dari itu jangan heran di jaman modern sekarang makin banyak tombol-tombol yang fungsinya  bermacam-macam. Untuk tombol-tombol kamera sebenarnya harus langsung praktek untuk biar tau apa sebenarnya fungsi-fungsi dari masing-masing tombol. Karena dengan cara itu, kalian bisa melogikakan sendiri apa sebenarnya fungsi tombol-tombol yang ada pada bodi kamera. Untuk tombol-tombol fungsi gw akan bahas di artikel selanjutnya. Itu juga kalau ada waktunya yah :). Kalian juga bisa dapat info yang lengkap dari website lain kok. Mbah google akan mengarahkan anda ke tempat yang tepat :).

Tripod

Barang 1 ini biasanya dijadiin barang yang terakhir dibeli untuk pemula kayak gw. Tapi kenyataannya ini barang bener-bener berguna dan sangat berpengaruh kepada hasil foto yang ga bergerak. Tripod disini fungsinya sebagai dudukan kamera agar tidak goyang. Penggunaan tripod menjadi sangat harus disaat kita mau mengambil gambar dengan titik fokus yang luas, namun mau bermain di nilai ISO yang kecil. Otomatis harus bermain di shutterspeed yang agak panjang. Sejatinya manusia normal pasti kalau pegang kamera akan goyang-goyang. dan kalau mengambil foto tapi kamera goyang, gambar akan menjadi berantakan. Secara logika mudahnya kalian menulis di dalam mobil yang melewati jalan rusak (halah!). Pasti tulisannya jelek kan. Nah dengan menggunakan Tripod, kalian bisa mendapatkan gambar yang lebih baik karena ga goyang-goyang lagi.

Contoh Gambar utama di artikel ini adalah hasil foto yang pakai tripod dan juga shutterspeed yang lama supaya bisa main di Iso yang rendah. Oh iya mungkin kalian juga pernah lihat foto air terjun yang halus seperti kapas kan? Nah itu juga bermain di shutterspeed dengan beberapa komponen tambahan seperti filter ND, yah walaupun filter ND ga pakai juga bisa, tapi harus mengambil foto dalam keadaan gelap saja.

Filter

Terkadang filter ini juga ga kalah pentingnya loh. Selain memiliki fungsi untuk melindungi kaca lensa, filter juga memiliki berbagai macam fungsi seperti misalnya saja filter ND. Filter ND berfungsi untuk bermain di long exposure, yang artinya memotret dengan waktu yang lebih panjang. Loh apa hubungannya? tentu ada hubungannya. dengan menggunakan filter ND, cahaya yang masuk akan berkurang dan jika ingin mendapatkan gambar dengan cahaya yang baik di saat menggunakan filter ND, maka kalian harus memperlama shutterspeednya. Disini yang berperan sangat penting adalah Filter ND dan Tripodnya. yah walaupun tidak menggunakan filter masih bisa jika di lakukan pemotretan dalam keadaan agak gelap. Tapi untuk cara foto seperti itu Kamera yang tidak bergerak adalah wajib. jadi kalian bisa menggunakan tripod atau meletakkan kamera mungkin di batu atau kayu di bawah tanah yang tidak bergerak. Ingat jangan di cemplungin ke air. Bagus kasi ke gw aja kameranya dari pada di rusakin :).

Memory Card

Kalau ini ga asing lagi lah yah. Karena memang memory card udah ada di perangkat elektronik saat ini yang berfungsi sebagai penyimpan data. Benda ini menjadi penting karena mau taro dimana lagi gambar-gambar yang mau kita foto kalo bukan di benda ini. Pernah suatu kejadian gw sendiri dibuat repot karena kepenuhan memory. Jadi dengan terpaksa hunting di hari itu gw sudahi lebih awal dan ga dapet apa-apa karena baru 7 kali jepret memorynya sudah full. 

Jadi pesan moral yang dari kata-kata di atas kalian dah tau kan? Yap benar belilah memory cadangan. Kalau ga mau beli cadangan yah bisa setiap mau hunting di pindahkan dulu semua fotonya. Untuk saat ini banyak memory yang tersedia yah. mulai dari berbagai macam merk sampai speed read and write memory itu sendiri. Saran dari gw pribadi yah beli lebihan lah memorynya. Cape kalo kasusnya kyk gw. Nnti klo ada nenek2 yg ente demen pengen di foto kan jd kelewatan moment (Bercanda yah Gaes :D).

Baterai Cadangan

Ini sebenernya lebih penting dari pada memory. Kalau memory habis ente masih bisa ngecek dan liat-liat foto mana yang mau di hapus. Tapi kalau batre yang habis berarti anda harus berhenti memotret saat itu juga. oleh karena itu saran gw kalau ada duit lebih, jangan lupa baterai cadangan. Ada juga yang namanya battery grip kalau ga salah namanya, jadi itu adalah salah satu aksesoris tambahan yang memiliki berbagai macam fungsi. Salah satu fungsinya adalah menggabungkan 2 baterai menjadi 1. Jadi kalian tau dong efeknya kalau baterainya 2 digabung menjadi 1, Otomatis baterai aan lebih awet dan bakalan lebih siap di ajak motret-motret lebih lama.

Akhir kata yah mungkin cuma itu yang bisa gw jelasin sekarang. Bisa dibilang itu mah baru remah-remah roti di dunia fotografi. Tapi tenang aja, gw masi akan update tentang fotografi mulai dari pembahasan yang lebih mendetail, sampai teknik-teknik dasarnya di dalam pengambilan foto. Jadi gw harap kalian terus pantengin aja yah blog gw yang sederhana ini. Mudah-mudahan blog gw bisa memberikan informasi yang kalian butuhkan :). 

admin

Gue adalah seorang yang agak males ribet-ribet dan juga punya sedikit jiwa petualang. gue buat blog ini dengan maksud untuk meng share pengalaman-pengalaman dan juga hobi-hobi yang gue senangin saat ini maupun kedepannya

One thought on “Mau Belajar Fotografi ? Baca Ini Dulu !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: