Memahami dan Mengetahui Apa Itu Foto Bokeh dan Tips Foto Bokeh Pasti Bagus

Halo ketemu lagi dengan admin disini. hari ini gw mau membahas tentang dunia fotografi lagi nih. Bagi kalian yang suka fotografi mungkin tau apa itu bokeh (bukan B0k3p yah). Banyak sekali sebenarnya penyebutannya mulai dari efek bokeh, foto bokeh, foto background yang blur dan lainnya. yah penyebutan sih terserah sih yang penting pemahamannya aja yang sama yah. Terkadang seseorang yang baru mulai fotografi akan merasa kesulitan untuk mendapatkan foto yang bokeh. Untuk itu gw akan menjelaskan dengan singkat dan rinci biar kalian ga bosen bacanya :).

Asal Usul Bokeh

Bokeh merupakan kata yang berasal dari bahasa jepang Boke. Boke sendiri adalah artinya blur / haze. tetapi yang dimaksudkan seorang fotografer yang pro, amatir ataupun pemula adalah tingkat blur objek lain di sekitar objek fokus. Tujuan dari pengambilan foto yang bokeh adalah untuk memberikan kesan yang lebih fokus di 1 objek di banding objek yang ada di sekitarnya. Mungkin dari gambar yang akan gw contohkan akan mejelaskan apa maksud dari foto bokeh itu.

Di artikel sebelumnya gw juga ada menceritakan tentang bokeh yang berhubungan dengan depth of field. Depth of field besar berarti bukan foto yang bokeh. Depth of field kecil berarti itua adalah foto yang kecil. Seharusnya dari melihat gambar kalian dah tau lah yah foto yang bokeh itu kaya gimana.

Apa Sih Yang Mempengaruhi Foto Bokeh Atau Tidak

Ada beberapa faktor yang bisa membuat foto itu menjadi bokeh atau tidak. Untuk itu disini gw akan membahasnya 1 per 1 biar kalian yang lagi belajar buat foto bokeh bisa mudah nantinya.

1. Gunakan Aperture Yang Besar

Ini adalah hal yang paling dasar sebenarnya. Untuk mendapatkan hasil foto yang bokeh bisa diakali dengan menggunakan lensa yang aperturenya besar. misalkan saja kalian pengguna canon seperti gw, terus kalian punya lensa 50mm fix dengan f 1.8 pasti kalian bisa dengan mudah untuk mengambil foto yang bokeh. Di pasaran saat ini untuk lensa itu harganya sekitar 1 juta lebih tergantung tokonya. Jadi kalau kalian sangat suka untuk mendapatkan foto yang bokeh, mungkin kalian harus memiliki lensa yang ini untuk permulaan.

Foto 2 Gelas Kopi Bokeh
contoh foto bokeh dengan lensa 50mm f 1.8

Foto di atas merupakan contoh membuat foto bokeh dengan lensa fix 50mm f 1.8. kita bisa mendapatkan foto yang sangat bokeh walaupun jarak background tidak terlalu jauh.

2. Jarak antara Obyek dengan Kamera di Perpendek

Ternyata dengan lensa kit kalian juga bisa loh mendapatkan foto-foto yang bokeh. caranya yaitu dengan memotret dengan jarak yang dekat dengan obyek. Loh kok bisa? Jadi begini, Cara kerja lensa kamera sama dengan cara kerja mata kita. Coba kalian ambil 1 benda dan letakkan di meja. kasi jarak 1 meter di depan kalian, terus kalian lihat telunjuk kalian dengan fokus. Kalau kalian lakukan itu pasti benda yang di belakang jari kalian akan blur benar? Nah setelah itu kalian dekatkan telunjuk kalian dengan benda yang kalian letakan tadi. jari kalian dan benda terlihat jelas kan? Nah sama juga dengan lensa.

3. Jarak antara obyek dan Background Di Perpanjang

Nah untuk yang 1 ini sama seperti yang di poin ke 2, tetapi yang di buat jauh adalah backgroundnya. Semakin jauh Backgroundnya maka semakin blur atau bokeh backgroundnya. ini dikarenakan jarak fokus yang dekat dengan obyek, tapi jauh dengan background. Logikanya persis dengan praktek yang di poin 2. kalian coba aja sendiri pasti hasilnya seperti penjelasan gw.

Itulah Cara Termudah untuk mendapatkan foto yang bokeh. Kalau saran dari gw sendiri untuk mendapatkan foto bokeh yang baik ada bagusnya kalian investasi di lensa yang memiliki bukaan yang besar. Ada Beberapa juga yang bilang kalau menggunakan focal length terjauh bisa membuat foto lebih blur. Menurut gw pribadi itu tergantung daripada lensa yang kalian gunakan. Kalau kalian menggunakan lensa tele dengan aperture yang fix mungkin saja bisa untuk mendapatkan foto yang bokehnya bagus. tapi kalau kalian menggunakan lensa dengan f yang tidak fix, maka akan sulit karena disaat kalian menaikan focal length lensa kalian ke yang paling jauh, otomatis aperture lensa kalian akan mengecil bukaannya. Seperti penjelasan yang gw bilang kemarin di artikel sebelumnya bahwa aperture kecil akan membuat depth of field semakin luas. Itu akan menyebabkan foto kalian gagal bokeh.

Jadi Kesimpulan Untuk Mendapatkan Foto Yang Bokeh adalah Beli Lensa dengan bukaan aperture yang besar, dan Memainkan Jarak antara Kamera, Obyek Foto, dan juga background dari foto itu. Terus kalau mau foto yang bokeh Banget gimana caranya? Gabungin aja ke 3 poin di atas yang gw bilang. Dijamin foto kalian bokeh super keren.

Rekomendasi Lensa Untuk Foto Bokeh

Untuk Rekomendasi dari apa yang gw alami saat ini, untuk yang budgetnya terbatas bisa beli lensa 50mm f 1.8 is stm. Dengan harga yang terjangkau, kalian bisa membuat foto yang sangat bokeh dengan lensa ini. Untuk range harga diantara 1.2 juta hingga 1.8 juta tergantung dari seller itu sendiri. Kalau kalian memang memiliki budget yang tebal, mungkin kalian bisa juga membeli lensa yang bukaan f nya lebih besar misalkan di angka 1.4 atau bahkan 1.2. Oleh karena itu pemilihan lensa tergantung juga dari budget yang kalian punya. Intinya belilah lensa terbaik yang kalian sanggup beli. 

admin

Gue adalah seorang yang agak males ribet-ribet dan juga punya sedikit jiwa petualang. gue buat blog ini dengan maksud untuk meng share pengalaman-pengalaman dan juga hobi-hobi yang gue senangin saat ini maupun kedepannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: