Pengenalan Fotografi Versi Gue

Halo kawan-kawan hobigue.com. Kali ini gw mau membahas sedikit tentang hobi baru gw yang mungkin banyak dari kalian juga menyukai di bidang ini. Sudah jelas dong kalian tau apa hobi gw kali ini. Oleh karena itu gw mau menceritakan sedikit aja mengenai awal mula gw belajar Fotografi.

Awal Mula Belajar Foto

Awalnya gw ga pernah belajar fotografi. Yah itu sih karena fotografi bukan hobi yang murah saat itu. kalau jaman dulu terutama yang mungkin kalau ada diantara kalian anak yang lahir di tahun 90 an pasti tau kamera pocket yang masih pakai film warna hijau. Bentuknya tabung dan mesti hati-hati karena katanya kalau kena matahari bisa terbakar film nya. Jaman dulu yah masi bloon mikirnya keluar api. Tapi ternyata maksudnya ternyata filmnya rusak. Dulu yah begitu aja sih, foto-foto simpel bareng keluarga. Biasa kalau gw pribadi yah jalan-jalan ke taman bunga, ke puncak, ke kebun binatang. Dengan kemampuan yang seadanya yah foto dengan angle yang begitu-begitu aja. Dan setelah agak remaja udah jarang jalan-jalan ke tempat yang seperti itu karena memang kesibukan sekolah dan kesibukan orang tua yang ga bisa dihindarin.

Setelah berapa lama sampai lah dimana fotografi saat itu menjadi hobi yang banyak diminati. Itu di saat gw masih kuliah di awal-awal semester. Ada salah satu kawan gw sebut saja Naka beli kamera dslr yang disaat itu memang lagi di gandrungi banyak orang. Kalau ga salah dia beli DSLR merk nikon serinya 5200. Pertama kali minjem buat megang-megang doang wah ternyata keren juga kameranya. Dengan ukuran yang jauh lebih besar dari kamera pocket yang biasanya, megang kamera itu bener-bener merasa keren banget. Oh dan kebetulan waktu nyari-nyari kamera itu gw juga yang temenin dia keliling-keliling. Karena dalam hati gw sendiri sebenernya mau punya tapi saat itu memang belum punya uang untuk beli barang yang benar-benar di luar jangkauan.

Lupa Dengan Keinginan Belajar Fotografi

kalau diikuti blog ini dari awal pasti kalian ga akan nemuin tentang fotografi. Karena sejujurnya Diantara lupa dan males. Males karena disaat mau memulai fotografi, banyak yang nakut-nakutin entah dengan kata mahal lah, mesti beli lensa yang mahal dan lainnya. Akhirnya larilah hobi-hobi gue yang entah lari kemana. Kadang gw juga sendiri bingung kenapa hobi bisa begini banyak. Kadang liat orang lain bener-bener seneng sama hobi yang bisa dibilang fokus, gw malah pindah-pindah kesana kemari. Itu juga sih yang bikin gw jadi berniat buat blog ini buat menceritakan pengalaman-pengalaman hobi gw yg datang dan pergi.

Awalnya memang dah lupa dengan fotografi. Tapi segalanya berubah disaat gw nonton video yang judulnya klik arbain dan juga video seminar Darwis Triadi. Dari sana lah rasa menggebu-gebu mulai muncul. Tapi disaat itu masih galau karena ga tau apa-apa tentang kamera. Akhirnya belajar dulu tentang apa-apa yang dibutuhkan dalam hobi fotografi. Setiap hari bahkan gw sampe gila sendiri. Setiap hari liat review-review kamera yang lagi naik daun saat itu. Waktu itu sih yang di gandrungin bener-bener kamera mirrorless yang sejatinya sangat ringkas untuk dibawa kemana-kemana dan juga sama kualitasnya dengan DSLR pada umumnya. Saat itu walau gw belum punya kamera, gw jago ngeracunin orang buat beli. Sebenernya sih trik licik yah, biar bisa nyobain dulu tanpa beli. Jadi duit ga terbuang sia-sia bisa nyobain dulu punya kawan :).

Kamera Pertama Gue

Setelah terkena racun maha dasyat ke diri gw sendiri dengan melihat review-review dari youtube dan lainnya, akhirnya gw memberanikan diri untuk mengumpulkan sedikit demi sedikit pundi-pundi gaji gw yang pas-pasan ini buat beli kamera. dan setelah berapa lama, akhirnya gw bisa membeli kamera yang gw impi-impikan beberapa bulan terakhir. kamera yang gw gunakan sampai saat ini adalah keluaran canon seri 80D. tentunya dengan sebuah lensa kit yang gw harapkan juga cukup untuk sambil belajar fotografi dasar yang dari awalnya gw bener-bener buta sama yang namanya fotografi. Semoga awet dah nih kamera :).

Pengertian Fotografi Secara Umum

Fotografi sendiri menurut gw adalah mengambil gambar dengan kamera foto. Kalau ngambil Video berarti Videografi. Secara ilmiahnya mungkin agak sulit buat dipahamin yah. Secara logika sederhananya sih foto itu cahaya yang “dimasukkan” kedalam film ataupun sensor kalau teknologi kamera yang sekarang ini. Makanya foto itu yah mesti ada cahaya. karena tanpa cahaya foto ga bakal ada gambar sedikitpun. Intinya ngomongin foto, pasti ngomongin cahaya. Sedangkan orang yang menyukai bidang fotografi disebut fotografer.

Secara garis besar, menurut gw beberapa bagian yang penting dari dunia fotografi yaitu jelas kamera itu sendiri. Saat ini kamera juga banyak sekali jenisnya dari DSLR, Mirrorless, Analog dan lainnya. Tapi memang saat ini yang banyak di pakai adalah 2 yaitu mirrorless dan juga DSLR karena kemudahan yang diberikan serta perkembangan zaman saat ini. Selain itu banyak juga pilahan dari jenis-jenis kamera ini misalkan saja Sensor yang di gunakan. Tapi itu nanti yah dibahas di artikel selanjutnya :).

2 Bagian Terpenting Dari Kamera

Sekarang gw akan membicarakan bagian-bagian kamera pada umumnya. Kamera pada umumnya memiliki beberapa bagian diantaranya:

Body Kamera

Benda yang 1 ini berfungsi sebagai kalau gw bilang dapur pacunya kamera. karena di body inilah semua proses yang di tangkap akan di olah menjadi sebuah gambar yang kita potret. Untuk di kamera DSLR, Body terdiri dari berbagai macam perangkat diantaranya Sensor, Prosesor, Cermin, Jendela Bidik, Baterai, dan juga komponen-komponen penting lainnya yang berfungsi untuk memproses gambar yang di tangkap. Untuk mirrorless sendiri perbedaan hanya pada cermin. Untuk mirrorless tidak ada cerminnya. Di body ini juga banyak sekali tombol-tombol yang fungsinya untuk mengoperasikan kamera. Untuk tombol-tombol gw akan ulas di artikel selanjutnya yah.

Lensa

Kalau menurut gw, lensa berfungsi sebagai sarana bantu dari bodi kamera untuk mandapatkan spesifikasi gambar yang ingin di tangkap. Tentu aja ga semua spesifikasi gambar yah. Karena ada juga spesifikasi gambar yang bergantung sama body misalkan saja shutter speed dan lainnya. Dari sumber lain juga ada yang bilang kalau lensa itu fungsinya untuk mengumpulkan cahaya. Yah intinya lensa itu bagian penting di dalam kamera.

Mungkin segini dulu yah beberapa pengenalan mengenai fotografi. di artikel selanjutnya, disini gw akan membahas mengenai tombol-tombol, komponen di body kamera dan juga jenis-jenis lensa yang ada saat ini. Terima kasih buat kalian yang telah membaca sepercik cerita awal mula gw yang mungkin kurang berguna. Tapi gw berharap kalian sedikit terhibur mungkin dengan pengalaman yang gw ceritakan. dan juga mengerti apa yang gw maksud dari pengertian simpel fotografi versi gue. Untuk kritik dan sarannya bisa tulis di komentar bawah ini yah :).

admin

Gue adalah seorang yang agak males ribet-ribet dan juga punya sedikit jiwa petualang. gue buat blog ini dengan maksud untuk meng share pengalaman-pengalaman dan juga hobi-hobi yang gue senangin saat ini maupun kedepannya

One thought on “Pengenalan Fotografi Versi Gue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: